Sabtu, 05 Januari 2013

Jasa Kargo Diuntungkan "Panic Buying" Jemaah Haji Indonesia

Foto bersama Pak Jallal [Para pencari Tuhan]





MADINAH,Berpuluh-puluh kardus besar dan kecil berisi barang hasil "incaran" jemaah Indonesia selama di Madinah, nampak ditimbang oleh salah seorang sales jasa kargo, Al Farkhan Cargo di Hotel Holliday Madinah Villa, Madinah, Arab Saudi, Selasa (18/10). Kotak-kotak kardus dengan plester coklat itu bertumpuk hingga tiga susun di setiap sisi pintu kamar lantai 6 hotel berbintang lima tersebut. Sales kargo dan ketua rombongan jemaah pun larut dalam kesibukan mencatat hasil timbangan barang milik jemaahnya.


Rupanya kehadiran jemaah haji tidak hanya membawa berkah bagi para pemilik hotel maupun penginapan di Madinah. Jemaah haji itu pun selalu ditunggu para penjual barang dan jasa. Apalagi mereka relatif menyukai jemaah haji Indonesia yang terkenal royal dalam membeli barang dagangan untuk dibawa pulang ke tanah air. Jika melihat pertokoan, sebagian jemaah nampak seperti “panic buying”, apa saja ingin dibeli, bahkan kadang tidak perlu menawar lagi.






Salah satu penjual jasa yang diuntungkan oleh kehadarian jemaah haji adalah jasa kargo. Meskipun puncak haji belum dimulai, jemaah haji Indonesia sudah mulai memakai jasa kargo untuk mengirimkan barang yang telah dibeli dari tanah suci, khususnya dari kota Madinah.
Setiap musim haji, jasa kargo selalu kebanjiran order. Jika order pengiriman barang pada hari-hari biasa hanya sekitar dua ton per satu minggu, justru pada musim haji ini order dalam satu hari bisa mencapai dua ton.Berat minimal barang yang bisa kirim ke satu alamat di tanah air itu 20 Kg. Harga jasa pengiriman kargo itu antara 10-15 riyal per kilogramnya.
“Jadi kalau barang yang dikirim jemaah cuma 5 kg, biasanya para jemaah ramai-ramai mengirimkan ke satu alamat di tanah air,” kata Jimmy, sales di perusahaan Al Farkhan Cargo itu.
Jimmy mengatakan, biasanya barang yang dikirimkan jemaah ke tanah air antara lain sajadah, kurma kerudung, tas dan lain-lain. Barang-barang mereka akan sampai di tanah air antara 10-15 hari. “Semua barang bisa kita kirim ke tanah air melalui udara, asal jangan air zamzam dan kurma muda. Dua dua tahun ini, air zamzam dilarang dikirim via kargo,” kata pemuda asal Tangerang yang sudah enam tahun bekerja di jasa pengiriman kargo ini.
Jimmy mengatakan semua barang pada prinsipnya bisa dikirim ke tanah air melalui jasa kargo. Namun khusus untuk air zamzam tidak diperbolehkan. Sedangkan untuk kurma muda pun tidak boleh dikirim melaui jasa kargo karena ditakutkan membusuk sebelum sampai di tanah air.
“Jika ingin membawa kurma muda ke tanah air, sebaiknya dibawa ke kabin pesawat saja,” ujar Jimmy seraya menyarankan beberapa kiat pengiriman barang melalui kargo itu.
Ada beberapa alasan jemaah mengirimkan barang untuk cenderamata dia tanah air melalui jasa kargo di Madinah. Salah satunya adalah agar barang yang dikirim itu datang ke tanah air tidak terlalalu jauh berbeda dengan kedatangan jemaah. Untuk musim haji ini, Jimmy dibayar antar 25.000-30.000 riyal atau sekitar Rp 55 juta -70 juta. Jimmy pun saat ini sudah mepersiapkan istrinya untuk bisa naik haji.

SUMBER RESMI : Pikiran Rakyat
Cargo Alfarkhan Cabang ALQASSIM
Jimmy Farhan : 0554906172 Atau  0551785418
Unaezah-ALQASSIM

6 komentar:

  1. Alfarkhan hebat saya kagum, saya selalu cargo lewat alfarkhan, tapi masalah web site nih pak klou bisa secara online kita bisa ngecek kargoan nya dah nyampai atau belum,
    itu akan lebih baik buat alfarkhan.

    terrima kasih
    http://ozzythea.yw.lt

    BalasHapus
  2. bisa minta nomer telpon yang aktif karna sudah 1 bulan paket belum sampai

    BalasHapus
  3. Keluarga saya di KSA ngirim paket lewat al farkhan sudah 13 hari blm sampai padahal janji nya cuma 1 minggu tolong di konfirmasi atau tolong kasih no tlp yang masih aktif

    BalasHapus
  4. Taai bngt alfarkhan janji doang,gak ada balasan atau pun tanggapan jangan2 modus niih meng atas namakan perusahaan,menghimbau untuk para tki di arab saudi jangan pernah kirim paket lewat a farkhan

    BalasHapus
  5. Taai bngt alfarkhan janji doang,gak ada balasan atau pun tanggapan jangan2 modus niih meng atas namakan perusahaan,menghimbau untuk para tki di arab saudi jangan pernah kirim paket lewat a farkhan

    BalasHapus
  6. Kiriman saya dari madinnah sudah sampai 1 tapi yang satu nya belum sampai.padahal di kirim dalam 1 resi.
    Bagai mana itu bisa terjadi apakah barang saya hilang yang satu koli?

    BalasHapus