Sabtu, 05 Januari 2013

Jimmy pun Panen Kargo Belanjaan Jamaah Haji








Madinah - Jimmy berdiri di mulut Hotel Isroq dan Shrouq yang bersebelahan. Di dekatnya tampak gunungan kecil paket dari calon jamaah haji Indonesia yang menginap di hotel itu, tak jauh dari Masjid Nabawi.

Jimmy pekerja di Al Farkhan Cargo yang berpusat di Jeddah dan Halim, Jakarta Timur. Di musim haji seperti ini perusahaannya sedang kebanjiran order. "Kalau jamaah haji reguler, 1 kg 10 riyal," ujar Jimmy, Selasa (17/10/2011), sambil menimbang paket jamaah. Gunungan paket di sekitarnya total berjumlah 95 kg.

Mudah bagi Jimmy menggaet konsumen. Dia sudah banyak menjalin kerjasama dengan pembimbing KBIH, yang bisa meneleponnya saban waktu. Setiap kg kiriman, pembimbing mendapat persen 2 riyal. "Pokoknya yang masuk ke saya 8 riyal/kg," katanya. Persen untuk pembimbing ONH Plus lebih besar lagi, bisa 7 riyal/kg.

Di musim haji seperti ini, Jimmy bisa mendapat paket dari konsumen 2 ton per hari. Di luar musim haji, butuh waktu seminggu untuk mendapat order 2 ton.

Paket konsumen yang diterima di siang hari akan dipacking di tengah malam di markas mereka di dekat Masjid Qiblatain, lalu dikirim ke Jeddah. Paket kargo itu diterbangkan ke Indonesia dengan SQ dan Emirates.

Jamaah haji reguler biasanya mengirim paket berisi kurma dan sajadah. Sedang haji ONH Plus mengirim karpet indah.

Bisnis kargo bukannya tanpa risiko. Bila ada jamaah yang komplain barangnya belum/tidak sampai, Jimmy dkk harus menggantinya sesuai aturan. Saat ini, perusahaannya telah menyetok kurma, sajadah, kerudung dan item yang lazimnya dikirim ke Tanah Air. Bila ada komplain, stok itu digunakan untuk mengganti.

Menurutnya, pengiriman kargo dari Madinah di Jabotabek, mayoritas daerah tujuan, makan waktu 10 hari. Sedang luar Jabotabek bisa 20 hari. Sedang pengiriman dari Makkah akan makan waktu lebih lama karena akan ada hari libur 10 hari di masa puncak haji.

Jimmy sudah 6 tahun bergabung di Al Farkhan Cargo. Bila tidak musim haji, dia ditempatkan di Kota Al Qassim, 650 km dari Madinah. "Satu musim haji saya mendapat pendapatan 25 ribu-30 ribu riyal," ungkapnya. Tentunya ini angka cukup besar, 1 riyal = Rp 2.500.


SUMBER RESMI : Detik News

Cargo Alfarkhan Cabang ALQASSIM
Jimmy Farhan : 0554906172 Atau  0551785418
Unaezah-ALQASSIM

3 komentar:

  1. Saya adalah pengguna jasa Al Farkhan cargo.pada tgl 16/08/2018 saya memaketkan barang atau oleh2 dari Madinah dng nomer invoice 242018 dengan tujuan Balikpapan sampai detik ini tgl 12/09/2018 belum sampai. Mohon solusinya kapam paket bisa sampai ( sampai hari ini sudah 28 hari ) padahal yg di daerah jakarta sekitarnya / jawa udah sampai semuanya. Berkali kali saya tanyan jawabannya selalu tidak memuaskan.
    Tolong gimna cara supaya paket itu bisa sesegera mungkin bisa sampai kesaya. Terimakasih.

    Much appresiative

    Triatmoko

    BalasHapus
  2. Barang saya belum nyampe dah 2 bulan lebih

    BalasHapus